Monday, November 19, 2012

Cara Setting Preferensi Penelusuran blogspot untuk Optimasi SEO

Di tahun 2012 ini blogspot telah melakukan perubahan besar-besaran, mulai dari tampilan yang terlihat lebih simpe dan elegan juga di tambah dengan fitur-fitur baru yang dapat membantu para blogger untuk memanajemen blog nya. Ada satu fitur yang menarik menurut saya yaitu fitur-fitur pada Preferensi penelusuran fitur ini berfungsi untuk mempermudah kita dalam optimasi blog, sehingga kita tidak perlu lagi disibukkan oleh penyesuaian meta tag blog dengan mengutak atik kode template.
Oke langsung saja kali ini saya akan menjelaskan cara setting preferensi penelusuran step by step.
pertama masuk dulu ke akun blog kamu.
pilih salah satu blog dan pilih menu setelan
setelah masuk ke menu setelan kemudian pilih sub menu preferensi penelusuran (lihat gambar).


















1. Pada fitur Tag Meta Deskripsi pilih edit lalu aktifkan Deskripsi penelusuran dengan memilih radio buton "Ya".
kemudian Kamu masukan deskripsi blog Kamu di kolom yang di sediakan dengan maksimal panjang 150 karakter, kemudian Simpan.

2. Pada fitur kesalahan dan pengalihan, opsi Pesan Khusus untuk Halaman tidak di temukan berfungsi untuk memberi keterangan pada halaman atau link blog yang tidak di temukan, dan opsi pengalihan khusus berfungsi untuk mengalihkan atau salah sau halaman atau link blog ke link lain. fitur ini kita abaikan saja.

3. Pada fitur Perayapan dan Pengindeksan kita dapat membuat sitemap blog pada opsi custom robots.txt khusus secara otomatis. Artinya kita tidak perlu lagi ping blog secara berkala, dengan penyesuaian robots.txt untuk sitemap, maka secara otomatis ketika google mengcrawl blog kita seluruh postinga akan segera diindeks oleh google.

Caranya :
Pada opsi robots.txt khusus pilih edit dan akfifkan dengan memilih radio buton "Ya".
kemudian masukan kode di bawah ini pada kolom.

Kode untuk postingan blog yang kurang dari 500 artikel
User-agent: *
Disallow: /search
Allow: /


Sitemap:  http://haris715.blogspot.com/atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=500

Kode untuk postingan blog di atas 500 - 1.000 artikel
User-agent: *
Disallow: /search
Allow: /


Sitemap:  http://haris715.blogspot.com/atom.xml?redirect=false&start-index=501&max-results=500

Kode untuk postingan blog di atas 1000 - 1500 artikel
User-agent: *
Disallow: /search
Allow: /


Sitemap:  http://haris715.blogspot.com/atom.xml?redirect=false&start-index=1001&max-results=500

ganti url yang berwarna merah dengan url blog kamu.
kemudian simpan.


ntuk mengoptimalkan tag header robot ubahsuaian, ada beberapa penyettingan yang harus kita lakukan. yaitu dengan memberi centang atau ceklis pada Laman arsip dan penelusuran. Hal ini kita lakukan agar tidak terjadi lagi duplikat content dari arsip blog yang kita miliki.

Caranya :
Klik Edit pada opsi Tag header robot khusus, kemudian pilih "Ya", setelah itu beri centang atau ceklis pada kotak noindex dan noarchive pada Laman Arsip dan Penelusuran, agar lebih jelas lihat screnshot dibawah ini:



Catatan : Pada opsi Beranda dan Default untuk Pos dan Laman kosongkan saja, agar robot crawl google dapat leluasa untuk meng-crawl homepage serta single page pada blog kita.


Demikianlah penjelasan yang dapat saya sampaikan mengenai Cara Setting Preferensi Penelusuran blogspot, semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda. Sampai jumpa pada panduan dan cara membuat blog khususnya mengenai search engine optimization berikutnya.
Disqus Comments