Sunday, February 17, 2013

Bahaya memangku leptop

BASEL - Seringkali orang menggunakan laptop dalam berbagai posisi. Salah satunya adalah posisi dengan memangku laptop di atas paha dimana kaki terbujur. Posisi ini sering dilakukan ketika seseorang sedang santai menggunakan laptop di atas sofa atau tempat tidur.

Tapi tahukah Anda bila posisi tersebut dilakukan dalam waktu lama dapat mempengaruhi kondisi kulit paha. Studi yang dilakukan ahli medis dari University Hospital Basel, Swiss mengungkapkan bahwa meletakan laptop di atas paha dapat membuat kulit sensitif. Bahkan bisa membuat kulit belang dan mengeluarkan bintik-bintik merah.

Andreas Arnold dan Peter Itin, ahli medis dari University Hospital Basel menganjurkan agar pengguna laptop menghindari posisi tersebut dalam waktu lama. Dalam satu kasus baru-baru ini, seorang anak 12 tahun mengalami sindrom perubahan warna kulit di paha kirinya setelah bermain game di laptop selama beberapa jam setiap hari selama beberapa bulan.

"Dia mengakui bahwa sisi kiri laptop lebih panas, tapi ia tidak mengubah posisinya," tulis para peneliti Swiss tersebut dalam sebuah artikel yang diterbitkan dalam jurnal Pediatrics seperti dilansir AAP, Senin (4/10/2010).

Kasus lainnya menimpa seorang mahasiswa hukum di Virginia . Ia mencari pengobatan untuk perubahan warna belang-belang di kakinya. Menurut Dr Kimberley Salkey, yang merawat mahasiswa tersebut, gejala perubahan warna kulit itu disebabkan karena mahasiswi tersebut sering menghabiskan waktu sekitar enam jam sehari dengan memangku laptop di pahanya. Padahal diketahui suhu di bawah laptop sekira 52 derajat Celcius.(okezone.com)
Disqus Comments