Monday, January 7, 2013

Cara Membuat tombol balas atau reply komentar pada blog

Membuat tombol balas atau tombol reply komentar pada blog -  kali ini haris715 akan share ulang Cara Membuat tombol balas atau reply komentar pada blog. terkadang perlu kita lakukan, mengingat adanya beberapa template blog yang ternyata tidak dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap. Hal ini seringkali kita temui pada template default bawaan, yang mana terkadang fitur tombol balas komentar atau reply comment tidak kita temui. Alhasil, untuk membalas setiap komentar pengunjung pada blog kita, dengan terpaksa kita harus menuliska`n terlebih dahulu nama pemberi komentar pada posting blog kita di awal kalimat balasan, sesuatu hal yang mungkin bisa dibilang kurang praktis.



Membalas komentar dari pengunjung blog kita sesungguhnya penting, karena secara tidak langsung merupakan perwujudan dari bentuk penghargaan kita terhadap pengunjung yang telah memberikan komentar atas tulisan kita. Untuk membuat tombol balas atau tombol reply komentar pada blog, dapat kita lakukan dengan melakukan penambahan kode pada template blog kita

Sebelum memulai membuat tombol reply comment pada blog, langkah yang harus kita lakukan adalah mendapatkan / mengetahui ID blog kita. Caranya adalah sebagai berikut:

1. Login ke blog kita

2. Pada dashboard, kita klik Ikhtisar, selanjutnya copy nomor ID Blog kita yang terlihat pada address bar, kemudian paste-kan di notepad, ingat, hanya nomor ID blog kita saja. Lihat contoh gambar dibawah.


Kembali ke point utama kita, cara membuat tombol balas komentar blog, langkah yang dapat kita lakukan adalah sebagai berikut:

1. Buka notepad, kemudian copy script kode dibawah ini
<b:if cond='data:blog.pageType != &quot;static_page&quot;'> <a expr:href='&quot;https://www.blogger.com/comment.g?blogID=MASUKKAN ID BLOG ANDA DISINI&amp;postID=&quot; + data:post.id + &quot;&amp;isPopup=true&amp;postBody=%40%3C%61%20%68%72%65%66%3D%22%23&quot; + data:comment.anchorName + &quot;%22%3E&quot; + data:comment.author + &quot;%3C%2F%61%3E%3A%20#form&quot;' onClick='javascript:window.open(this.href,&quot;bloggerPopup&quot;,&quot;toolbar=0,location=0,statusbar=1,menubar=0,scrollbars=yes,width=450,height=450,&quot;); return false;' style='padding:0px 5px; border:1px solid #ddd;'>Balas</a></b:if>
Ganti tulisan yang berwarna biru dengan ID Blog yang tadi telah kita dapatkan pada langkah awal
Ganti tulisan yang berwarna Merah sesuai keinginan anda !

2. Kembali ke blog kita, klik RANCANGAN - EDIT HTML - lanjutkan

3. Centangi kotak Expand Template Widget

4  Cari kode dibawah ini
<data:commentPostedByMsg/>

untuk mempermudah pencarian, gunakan Ctrl+F, copy kode diatas dan paste-kan pada kotak pencarian yang muncul, contoh bisa dilihat pada gambar dibawah ( klik gambar untuk memperjelas ):
5. Letakkan script kode yang tadi telah kita ganti ID blognya tersebut tepat dibawah kode <data:commentPostedByMsg/>

6. Klik pratinjau, jika tidak terjadi error / kesalahan,
7. Simpan template.

sekian ulasan dari haris715 tentang  Cara Membuat tombol balas atau reply komentar pada blog semoga bermanfaat :)

Referensi  : http://info-info-umum.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-tombol-balas-atau-reply.html.
Disqus Comments