Home » » kenapa bumi harus mengitari matahari? (revolusi)

kenapa bumi harus mengitari matahari? (revolusi)

pernahkah kita berfikir bahwa kita sedang mengendarai sebuah 'pesawat angkasa luar' yang sangat besar? kendaraan angkasa ini kita tumpangi bersama dengan miliaran manusia, binatang, & tumbuh-tumbuhan. Ya, inilah dia,
Planet Bumi !




Bumi bukan sekedar pesawat angkasa luar seperti yg dibuat manusia. tetapi, ia adalah sebuah kendaraan canggih yg memiliki fasilitas luar biasa. di dalamnya kita memperoleh segala yg kita inginkan. mulai dari makanan, minuman, berbagai macam energi, udara & atmosfer yg ideal, dan semua fasilitas yg memungkinkan kita melangsungkan kehidupan sehingga menurunkan generasi-generasi berikutnya selama ribuan tahun.

bumi sbg kendaraan angkasa luaryg sedang melaju di angkasa dengan kecepatan yg sangat tinggi. tidak ada satupun pesawat buatan manusia yg bisa menandingi kecepatannya.sebutlah pesawat buatan manusia yg tercepat saat ini seperti pesawat ulang alik Challenger, Columbia, & Ariane. rata2 kecepatannya cuman sekitar 20.000 km/jam.

taukah agan, berapa kecepatan bumi kita melesat di angkasa luar? Tak kurang dari 107.000 km/jam !!sebuah kecepatan yg sangat tinggi. sangat cepat, lebih dari 5 kali kecepatan pesawat ulang alik buatan manusia. untuk apa bumi melesat dengan kecepatan yg sangat tinggi itu?? ternyata bumi sedang bergerak mengitari matahari pada jrk sekitar 150.000.000 km. dengan kecepatan tsb, bumi dapat menyelesaikan putarannya terhdp matahari,sekali putar dlmwaktu setahun atau 365 1/4 hari.

kenapa bumi harus mengitari matahari? (revolusi) kenapa kok gak diem aja? ya, kalo bumi diem aja & gak ngelilingi matahari, maka bumi ini sudah sejak lama mengalalmi kematiannya. lho kenapa? karna bumi akan tersedot menuju matahari. dan kemudian lenyap terbakar di dlm bola api raksasa itu. 


sebagaimana kita tau bahwa setiap benda langit memiliki gravitasi yg bersifat menarik / menyedot benda lain yg ada di dekatnya. justru karna gerakan melingkarnya itulah, maka sedotan matahari terhadap planet bumi bisa diimbangi.

putaran bumi mengelilingi matahari dgn kec. 107.000 km/jam telah menghasilkan gaya sentrifugal yg melawan gaya tarik matahari secara seimbang. maka, selama 5 miliar th, keseimbangan itu terjadi. sehingga munculah kehidupan di muka bumi. termasuk manusia.

sebagai gambaran, agan pernah melaju dgn kendaraan bermator di tikungan tajam. ketika agan bergerak menikung, maka saat itu agan seperti terkena gaya yg melempar kendaraan agan ke arah luar lintasan. itulah yg disebut gaya sentrifungal. nah, gaya itu bekerja pd bumi saat dia berputar mengelilingi matahari. gaya itu pula yg menyebabkan keseimbangan antara gaya tarik matahari dgn putaran bumi.

jika kec. bumi lebih lambat sedikit saja, maka bumi ini di pastikan akan jatuh ke matahari & kita semua dipastikan lenyap. sebaliknya, jika kec. bumi lebih cepat sedikit saja, maka bumi ini akan terlepas dari orbitnya.bumi akan terlempar ke angkasa luar yg tdk bertepi. dan kita pun ikut lenyap di kedalaman langit.

ada suatu kekuatan yg luar biasa dahsyat, yg terus menrus menjaga bumi berputar mengelilingi matahari. seandainya kekuatan itu lengah sedikit saja , maka hancurlah bumi kita, baik karna tersedot oleh matahari ataupun lepas dari orbitnya.

suatu ketika, terlintas pertanyaan :seberapa besar ya, energi yg digunakan untuk menggerakkan bumi selama 5 miliar th?
mari berhitung. bayangkan saja massa bumi adalah sekitar 6 juta-juta-juta-juta kg /angka 6 dgn nol sebanya 24. kec. bumi dlm mengelilingi matahari = 107.000 km/jam.anggap saja gerakan bumi itu linear (mengikuti garis lurus), maka secara sederhana kita bisa ngitung energinya pake rumus energi kinetik (pelajaran SMP nih gan ) Ek=1/2 mv2.
sehingga kalo diitung selama 5 miliar th, energi yg udh terpakai adalah :



Ek=2,65 x 10(33) joule x 5.000.000.000 th x 365 hari x 24 jam x 60 menit x 60 dtk

  =418 x 10(48) joule

  =418.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000 Joule





suatu energi yg tdk mungkin tercukupi, meskipun seluruh energi yg ada di dlm perut bumi ini kita tambang & kita bakar utk memenuhi kebutuhan itu.


bukan hanya gerakan bumi mengelilingi matahari saja yg menimbulkan kekaguman. sebab selain selain berevolusi, bumi juga bberputar pada dirinya sendiri. perputaran bumi pada dirinya sendiri dikenal dgn istilah rotasi bumi.

ringkas kata, bumi ini sebenarnya berputar seperti sebuah gasing. tetapi sumbu putarnya tdk tegak lurus. bumi berputar dgn posisi miring 23,5 derajat. kenapa bumi harus berputar pd dirinya sendiri (rotasi)? & kenapa harus miring dgn sudut 23,5 derajat?


seandainya bumi tdk berputar pd dirinya sendiri, maka di permukaan bumi ini dipastikan tdk akan pernah terjadi kehidupan seperti skrng. kenapa begitu?
karna di bagian yg satu akan menghadap ke matahari terus menerus, sedangkan yg satu lagi membelakangi matahari terus menerus.

bagian yg menghadap matahari terus, dipastikan akan mengalami pemanasan yg berlebihan. dgn kata lain, belahan bumi tsb mengalami siang terus. jika bagian bumi mengalami siang terus menerus, maka dlm 100 jam, air di permukaan bumi yg menghdp matahari tsb akan mendidih. dan 100 jam berikutnya, air & darah yg ada akan menguap sehingga tdk akan ada kehidupan.

sebaliknya, bag. yg mengalami malam trs akan mengalamipendinginan secara berlebihan. sehingga, diperkirakan dlm 100 jam, belahan bumi tsb akan membeku, seluruh air menjd es. & 100 jam berikutnya, dipastikan tdk akan ada kehidupan di sana.

selain perputaran bumi tersebut, kemiringan sumbu putar juga memiliki arti yang sangat penting. lho, emang kalo gak miring kenapa? ya, tidak akan terjadi dinamika di atas permukaan bumi ini. bayangin aja, kalo bumi ini berputar secara tegak pada sumbunya, maka kutub utara & kutub selatan bumi tidak akan pernah mengalami siang hari.

karna kemiringan itulah maka terjadi musimdi permukaan bumi. di bagian utara & bagian selatan mengenal 4 musim (musim panas, gugur, dingin, dan semi) sedangkan di bagian ekuator mengenal 2 musim saja (kemarau & hujan). iklim ini yang menyebabkan terjadinya berbagai fasilitas kehidupan makhluk di muka bumi ini.

dengan adanya musim ini maka terjadilah angin, yang arahnya bisa berubah-ubah. dengan perubahan musim ini juga terjadi beraneka ragam tumbuhan dan berbagai macam hewan. bukan hanya berfungsi sebagai keindahan, melainkan juga berfungsi untuk mencukupi segala kebutuhan manusia, sepanjang drama kehidupannya di muka bumi ini
 
Description: kenapa bumi harus mengitari matahari? (revolusi)
Rating: 4.5
Reviewer: haris rati
ItemReviewed: kenapa bumi harus mengitari matahari? (revolusi)

0 komentar:

Post a Comment

Catatan:
Untuk menyisipkan kode, gunakan tag <i rel="pre">KODE ANDA DI SINI...</i>
Untuk menyisipkan gambar, gunakan tag <i rel="image">URL GAMBAR ANDA DI SINI...</i>
Untuk menyisipkan judul, gunakan tag <b rel="h3">JUDUL ANDA DI SINI...</b>
Untuk menyisipkan catatan, gunakan tag <b rel="quote">CATATAN ANDA DI SINI...</b>
Untuk menciptakan efek tebal gunakan tag <b>TEKS ANDA DI SINI...</b>
Untuk menciptakan efek huruf miring gunakan tag <i>TEKS ANDA DI SINI...</i>

Mohon Berkomentarlan dengan baik sesuai dengan tema / isi posting di atas
Serta tidak mengandung PORNO,SARA,KATA2 KASAR DAN JOROK
Terima kasih atas perhatianya :)