Home » » Cara mudah merawat flash disk agar Awet

Cara mudah merawat flash disk agar Awet

CARA MERAWAT FLASHDISK - Menyimpan dan memindah data antar komputer merupakan suatu kebutuhan yang tidak terelakkan lagi. Solusi untuk hal tersebut, maka diciptakanlah flashdisk. Bagaimana cara merawat flashdisk agar tidak cepat rusak mutlak diperlukan, karena memang segala sesuatu memerlukan sebuah perawatan agar usia / masa pakai sebuah barang bisa lebih lama atau awet. Mulai sekarang, anda harus lebih perhatian terhadap flashdisk.
tips merawat flashdisk
Cara merawat flashdisk sebenarnya tidaklah sulit. Asalkan anda memang berniat ingin mempunyai sebuah flashdisk yang bisa bekerja secara optimal,tahan lama dan terbebas dari trouble ketika dipakai,  anda bisa menerapkan trik-trik tertentu yang sudah terbukti dapat membuat flashdisk anda tetap sehat dan tentu saja bisa bertahan dalam jangka waktu yang lama tanpa harus kecewa karena sering rusak dan harus membeli lagi sebuah flashdisk yang baru meskipun untuk saat ini harganya memang relatif terjangkau.Tetapi alangkah lebih baik mencegah sebelum terjangkit kerusakan. Daripada untuk membeli yang baru, mendingan uangnya untuk kebutuhan yang lainnya.

Berikut CARA MERAWAT FLASHDISK AGAR TIDAK CEPAT RUSAK :

1. Ketika file yang ada didalam flashdisk  memang sudah tidak anda butuhkan lagi, lebih baik anda buang / hapus saja. Hal ini dimaksudkan agar flashdisk anda tidak terlalu kepenuhan jika memang space flashdisk anda tidak terlalu besar. Tetapi jika anda merasa flashdisk anda mempunyai space yang besar sampai ber giga-giga dan masih banyak sisa spacenya, ya silahkan saja anda mungkin tidak perlu melakuakn hal ini.

2. Jangan sampai flashdisk anda terjangkit "virus" yang banyak bertebaran dimana-mana. Virus yang dimaksud tentu saja virus komputer. berbagai macam virus sudah semakin banyak bertebaran dimana-mana.

3. Untuk terbebas dari virus seperti pada point nomor 2 diatas, solusinya adalah anda harus install antivirus. Baik yang berbayar ataupun gratisan silahkan saja. Contoh yang berbayar, misalnya antivirus yang bernama kaspersky. Key nya memang harus membeli. Untuk yang  antivirus gratisan, kami contohkan AVG untuk yang kelas internasional. Jika anda ingin merasakan proteksi ampuh dari virus lokal, kami contohakn antivirus yang bernama smadav. Jika anda penasaran ingin mencobanya, silahkan anda cari informasinya dulu di google. Ingin memakai yang mana, silahkan sesuai selera anda masing-masing.

4. Sering-seringlah anda cek error yang kemungkinan terjadi pada flashdisk kesayangan anda. Bagaimana caranya? caranya sangatlah mudah. Klik kanan pada drive flashdisk anda, pilih propertis, kemudian anda pilih tools. nah, didalamnya akan ada beberapa opsi pilihan lagi, pilih saja error checking dan klik check now.

5.Jika memang diperlukan, proses defragment untuk menata file-file yang ada dalam flashdisk anda. Tetapi, saran kami jangan terlalu sering melakukan defragment ini. Lebih baik anda check dulu melalui windows anda ataupun dari fasilitas layanan pihak ketiga seperti tuneup utilities. Jika memang diperlukan defrag, lakukan. Jika memang tidak diperlukan ya sudah jangan melakukan defragment ini.

6. Jangan sembarangan / asal colok flashdisk anda di komputer lain. Kenapa tidak boleh? tentu saja ada alasannya. Hal ini terkait dengan point nomor 2 diatas, yaitu adanya virus yang setiap saat bisa menyusup ke dalam flashdisk anda. Apalagi komputer / laptop tempat anda menancapkan flashdisk anda tersebut tidak mempunyai sistem proteksi yang memadai untuk mencegah virus, bisa makin berabe nantinya. Intinya, sekali lagi hati-hatilah ketika anda ingin mencolokkan flashdisk anda di komputer lain. Periksa dahulu apakah laptop / komputer yang ingin anda tancapi flashdisk tersebut dengan sekasama, apakah rawan virus atau bersih dari virus. Tetapi jika anda memang mempunyai antivirus yang memang ampuh dan terus update, hal ini mungkin tidak terlalu mengkhawatirkan karena kalaupun flashdisk anda kena virus gara-gara komputer lain, anda masih bisa membersihkannya dengan antivirus yang terinstal di komputer atau laptop anda. Tetapi sikap hati-hati mutlak anda kedepankan agar hal-hal yang tidak di inginkan bisa diminimalisir.

7. Jangan melakukan proses editing ketika anda mengetik misalkan dengan microsoft officeword dan kawan-kawannya,mendengarkan musik dari lagu yang ada di flashdisk, dan proses-proses lainya yang langsung bersumber dari file yang ada dalam flashdisk anda. Lebih baik anda copy paste dahulu file yang ada di flashdisk anda ke hardisk laptop atau komputer anda baru anda melakukan action. Action disini semisal ya itu tadi, mengedit ketikan atau memutar musik dari file mp3 yang anda miliki. Karena, konon kabarnya dan mungkin memang benar, jika hal-hal seperti yang kami contohkan diatas dilakukan langsung dari flashdisk anda, maka flashdisk anda akan cepat mengalami kerusakan ( CMIIW ).

8. Pastikan aliran listrik ke flashdisk anda full atau cukup. Karena, menurut para master, jika sebuah flashdisk atau sebuah mobile modem kekurangan arus listrik yang masuk kedalamnya, bisa mengakibatkan sebuah kerusakan.

9. Jika anda memang ingin menggunakan usb extender atau istilah gampangnya kabel perpanjangan usb, pastikan kabel perpanjangan tersebut berkualitas bagus. Hal ini juga ada kaitannya dengan arus listrik yang masuk ke flashdisk seperti pada point nomor 8 diatas. Makin baik kualitas kabel usb perpanjangan, makin kecil kemungkinan flashdisk atau modem anda kekurangan arus listrik.

10. Ketika mencabut flashdisk anda, jangan asal cabut. Gunakan fasilitas safely remove hardware. Hal ini sangat penting dilakukan karena jika sampai langsung mencabut tanpa melalui tahap safely remove hardware ini, bisa berakibat fatal yaitu rusaknya flashdisk anda.

11. Jauhkanlah dari jangkauan anak-anak. Anda tahu sendiri kan bagaiman tingkah polah anak-anak. Bisa-bisa flashdisk anda dicelupkan kedalam air jika sampai flashdisk anda jatuh ke tangan mereka.

Nah, mungkin itulah sedikit tips bagi anda dalam kaitannya dengan bagaimana cara merawat flashdisk anda agar bisa bertahan lama alias awet. Semoga apa yang telah akmi berikan pada kesempatan kali ini ada manfaatnya bagi anda.
Description: Cara mudah merawat flash disk agar Awet
Rating: 4.5
Reviewer: haris rati
ItemReviewed: Cara mudah merawat flash disk agar Awet

0 komentar:

Post a Comment

Catatan:
Untuk menyisipkan kode, gunakan tag <i rel="pre">KODE ANDA DI SINI...</i>
Untuk menyisipkan gambar, gunakan tag <i rel="image">URL GAMBAR ANDA DI SINI...</i>
Untuk menyisipkan judul, gunakan tag <b rel="h3">JUDUL ANDA DI SINI...</b>
Untuk menyisipkan catatan, gunakan tag <b rel="quote">CATATAN ANDA DI SINI...</b>
Untuk menciptakan efek tebal gunakan tag <b>TEKS ANDA DI SINI...</b>
Untuk menciptakan efek huruf miring gunakan tag <i>TEKS ANDA DI SINI...</i>

Mohon Berkomentarlan dengan baik sesuai dengan tema / isi posting di atas
Serta tidak mengandung PORNO,SARA,KATA2 KASAR DAN JOROK
Terima kasih atas perhatianya :)