Home » » Link Popularity

Link Popularity

Selamat sore temen-temen blogger semua, hari ini agak mendung dan mungkin sebentar lagi hujan di tempat saya. Kali ini kembali saya akan berbagai (sharing) kepada temen semua mengenai salah satu teknik SEO dengan mengoptimalkan link popularity. Saya yakin temen-temen sering mendengar istilah link popularity, terus apa sih sebenernya link popularity itu?  Link popularity adalah banyaknya website lain yang memasang link mengarah ke website kita. Semakin besar link popularity, maka rangking website kita di mata search engine akan semakin tinggi.
maskolis link popularity

Keuntungan Link Popularity
Tentu sangat banyak sekali manfaat link popularity website atau weblog anda terhadap search engine. Banyak mesin pencari seperti Google, Yahoo, MSN dan HotBot menggunakan Link Popularitas sebagai faktor untuk menentukan peringkat halaman pada hasil mesin pencariannya. Situs mesin pencari akan menganggap suatu situs web yang memiliki banyak link masuk (incoming links) dan berasal dari situs lain adalah situs yang penting atau situs dengan kualitas yang baik. Benar nggak sih..rolleyes?

Google sendiri sangat memperhatikan faktor link popularity suatu web site dan terkesan memang sangat penting. Menurut Google semakin banyak suatu website di-link, maka dapat dipastikan content situs tersebut semakin baik juga. Namun patut diingat bahwa link dari Yahoo ataupun Open Directory, akan lebih diperhitungkan oleh Google. Jadi bukan hanya sekedar jumlah link yang diperhitungkan, melainkan juga kualitas dari mana link tersebut datang. Inilah juga yang menjadi faktor utama Google menentukan PageRank situs website anda. Dengan Google PageRank maka secara kasat mata anda bisa lihat dan perhitungkan seberapa baik kualitas dari sebuah halaman website. Jadi sudah jelas kan tentang manfaat dari link popularity ini.

 
Studi kasus Link Popularity
Pernah berfikir mengapa website atau weblog anda yang desainnya sudah dioptimalkan untuk search engine, Google Pagerank-nya tetap berada di bawah website atau weblog lain degan desain yang biasa dan terkesan simple sederhana? Kasus lainnya, saya malah pernah iri dengan blog yang isi main page-nya kebanyakan gambar dan flash animasi ditambah video namun isi konten tulisan artikel terbilang sedikit dan minim yang loading halamannya sangat berat justru memiliki ranking yang lebih baik dari blog Maskolis. Awalnya saya bingung koq bisa ya? Ternyata setelah belajar, saya baru tahu kalau website or weblog tersebut banyak di-link oleh website or weblog lain yang juga memiliki link popularity tinggi.

Bagaimana Cara Meningkatkan Link Popularity
Di bawah ini saya akan berikan beberapa cara untuk meningkatkan Link Popularity :
  1. Good quality content
    Buatlah situs web anda memiliki konten dengan kualitas yang baik. Jika ada orang yang menemukan situs web anda dan merasa situs web anda bermanfaat, biasanya pengunjung tersebut akan memberikan komentar dan pujian akan situs web anda. Tanpa dimintapun, dia akan memasang link situs web anda di situs web-nya. Sekarang lebih dikenal dengan istilah my favorit link atau link favorit saya. Dan bahkan dia akan merekomendasikan situs web anda pada orang lain untuk dikunjungi belajar.
  2. Link exchange
    Bertukaran link dengan website atau weblog lain yang isinya berkaitan dengan website Anda. Banyak istilah untuk link exchange ini. Seperti tukaran link, pasang link saya, link exchange, dan lainnya. Bagaimana cara bertukaran link? Anda tinggal hubungi saja yang punya situs dan ajak untuk bertukaran link. Tentunya ada etika tukaran link yang harus disepahami dulu. Benar? Bila orang yang punya situs belum tau apa manfaat tukaran link, anda bisa jelaskan dulu karena tidak semua pemilik situs atau blogger mengerti apa itu link exchange. Selanjutnya anda mesti juga jelaskan kalau content dari situs anda memiliki hubungan dengan content dari situs dia. Jadi sebenarnya tukaran link juga harus memiliki kesamaan dan kemiripan content. Inilah menurut saya cara bertukaran link yang berkualitas di mata search engine. Untuk mempermudah, anda bisa membuat HTML code link exchange di situs web anda. Bentuknya bisa berupa banner link atau text link.
  3. Rajin-rajinlah mengunjugi situs web lain. Khusus yang suka ngeblog lakukan blogwalking dan isi komentar pada artikel di blog tersebut atau mengisi guestbook daripada situs yang dikunjungi. Dengan begitu anda meninggalkan link url anda di situsnya yang otomatis meningkatkan link popularity situsmu juga. Tapi perlu diingat jangan melakukan spamming dan komentar yang tidak berhubungan dengan isi artikel. 
  4. Daftarkan situs web anda ke web/blog directory.
  5. Submit artikel ke social media seperti delicious, digg dan lain-lain.
  6. Mungkin ada tambahan dari anda, silahkan ..biggrin
Bagaimana cara untuk ngecek Link Popularity?
Untuk mengetahui link popularity suatu situs web cukup mudah. Seperti Yahoo, anda tinggal memasukkan sintak khusus ke search engine nya dan yahoo akan menampilkan seluruh website yang memasang link ke situs atau blog anda seperti pada hasil pencarian biasa. Ketik link:domainanda.com lalu search, contohnya link:creatingwebsite-maskolis.blogspot.com maka akan muncul berapa banyak yang memasang link anda di situs mereka. Cara ini juga berlaku di Google. Cara mengecek link popularity lainnya adalah menggunakan free tools link popularity checker yang bisa anda jumpai di internet. Contohnya adalah situs ini:

Situs diatas adalah hanyalah contoh beberapa situs yang bisa digunakan untuk membandingkan link popularity beberapa situs web. Silahkan dicoba dan sekian penjelasan saya mengenai link popularity, semoga bermanfaat.
Description: Link Popularity
Rating: 4.5
Reviewer: haris rati
ItemReviewed: Link Popularity

0 komentar:

Post a Comment

Catatan:
Untuk menyisipkan kode, gunakan tag <i rel="pre">KODE ANDA DI SINI...</i>
Untuk menyisipkan gambar, gunakan tag <i rel="image">URL GAMBAR ANDA DI SINI...</i>
Untuk menyisipkan judul, gunakan tag <b rel="h3">JUDUL ANDA DI SINI...</b>
Untuk menyisipkan catatan, gunakan tag <b rel="quote">CATATAN ANDA DI SINI...</b>
Untuk menciptakan efek tebal gunakan tag <b>TEKS ANDA DI SINI...</b>
Untuk menciptakan efek huruf miring gunakan tag <i>TEKS ANDA DI SINI...</i>

Mohon Berkomentarlan dengan baik sesuai dengan tema / isi posting di atas
Serta tidak mengandung PORNO,SARA,KATA2 KASAR DAN JOROK
Terima kasih atas perhatianya :)